Enter your keyword

Sarasehan Silaturahmi dengan Senior Badan Akreditasi Perguruan Tinggi dalam Rangka Penyusunan Buku 30 Tahun BAN-PT

Sarasehan Silaturahmi dengan Senior Badan Akreditasi Perguruan Tinggi dalam Rangka Penyusunan Buku 30 Tahun BAN-PT

Sarasehan Silaturahmi dengan Senior Badan Akreditasi Perguruan Tinggi dalam Rangka Penyusunan Buku 30 Tahun BAN-PT

Hotel Aryaduta Denpasar Bali, Jumat 11 Agustus 2023

Dalam kesempatan menghadiri acara Sarasehan penyusunan buku 30 tahun BAN-PT, Prof.Dr. Fadel Muhammad (Wakil Ketua MPR RI) salah satu dari 9 senior pimpinan dan anggota BAN-PT yang hadir, menyampaikan pernyataan bahwa BAN-PT memiliki eksistensi yang jelas sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pendidikan Tinggi, Pasal 51 (2) Pemerintah menyelenggarakan sistem penjaminan mutu Pendidikan Tinggi untuk mendapatkan pendidikan bermutu.  Selanjutnya dalam Pasal 53 dijelaskan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dikembangkan oleh Perguruan Tinggi. Sedangkan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) dilakukan melalui akreditasi.

“Karena itu keberadaan BAN-PT menjadi pemicu segenap personel pengelola BAN-PT untuk menyiapkan Perguruan Tinggi Indonesia yang Unggul.  Perguruan Tinggi yang Unggul menjadi lokomotif untuk menarik gerbong-gerbong pembangunan nasional”, ungkap Prof Fadel dalam paparannya pagi tadi.  Selanjutnya Prof. Fadel dalam diskusi menutup pembicaraannya dengan menyampaikan pesan dan harapan agar BAN-PT menjadi lembaga independen yang bernaung di bawah Presiden untuk mendapatkan independensi dan kemandirian dalam pengelolaan akreditasi di Indonesia lintas kementerian dan lembaga pemerintah yang mengelola perguruan tinggi.

Para senior BAN-PT yang diundang hadir juga menyampaikan pandangannya terkait dengan perlu dan pentingnya BAN-PT kini dan di masa mendatang, dalam mengawal kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.  Jumlah perguruan tinggi di Indonesia sebanyak 4.475, yang tersebar dari wilayah barat hingga timur Indonesia, memiliki disparitas mutu yang tinggi.  Hal ini disebabkan karena kesadaran dan budaya mutu (quality culture) belum melekat kepada setiap unsur pengelola dan pelaksana pendidikan tinggi.

Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Prof. Ari Purbayanto, Ph.D.,  menyampaikan sambutannya di sesi pembukaan sarasehan dengan menyapa seluruh senior BAN-PT yang hadir dan memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas kehadirannya.  Kehadiran para senior BAN-PT ini sangat penting dalam rangka mempersiapkan peringatan hari jadi 30 tahun BAN-PT, yang jatuh pada 15 Desember 2024.  Untuk itu BAN-PT akan menyiapkan buku berjudul “30 tahun BAN-PT mengawal mutu pendidikan tinggi Indonesia.”  Langkah persiapan penulisan buku tersebut telah dimulai sejak bulan Maret tahun ini, dengan menunjuk Tim Kurator Buku yang akan membantu mengemas buku tersebut menjadi buku ilmiah-populer, sehingga enak dibaca dan mudah difahami oleh masyarakat umum.

Hadir dalam kegiatan sarasehan: jajaran Dewan Eksekutif, Majelis Akreditasi serta para senior mantan pimpinan dan anggota BAN-PT sejak awal pendirian tahun 1994,  yaitu Prof.Dr.  Fadel Muhammad, Prof. Dwiwahju Sasongko, Ph.D., Prof. Dr. Mansyur Ramly, Dr. Willi Toisuta, Prof. Sri Hartati Suradijono, Ph.D., Adil Basuki Ahza, Ph.D., Sugiyono, Ph.D.

BAN-PT

Direktur Dewan Eksekutif,

Prof. Ari Purbayanto, Ph.D.

Lihat Galeri