Untuk meningkatkan pemahaman asesor terhadap Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT 3.0) serta kemampuan melakukan asesmen menggunakan IAPT 3.0 maka Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN–PT) telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Asesor APT 3.0 dan Focus Group Discussion (FGD) Penilaian APT 3.0 sebanyak 3 batch di tahun 2020 Ini.

Pelatihan yang dilaksanakan dalam 2 hari ini dibuka secara resmi oleh Bapak Prof T. Basaruddin selaku Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT yang kemudian dilanjutkan dengan paparan dengan tema Implementasi Kebijakan Akreditasi Terkini (peluang dan tantangan). Setelah itu, dilanjutkan dengan pembicara pertama yaitu Bapak Sugiyono, Ph.D dengan paparan Sistem dan Penilaian pada Instrumen APT 3.0. Paparan selanjutnya dengan judul Teknik Penyusunan Laporan Hasil Akreditasi (LHA) Program Studi yang disampaikan oleh Sekretaris Dewan Eksekutif BAN-PT yaitu Bapak Prof. Agus Setiabudi. Memasuki sesi siang, terdapat 3 pembicara dengan membawa paparan yang berbeda yaitu Prof. Akhmad Fauzy dengan tema Asesmen Lapangan Daring pada APT 3.0, Prof S.M. Widyastuti dengan tema Validasi Dalam Instrumen APT 3.0, dan ditutup oleh Bapak Dr. P. Gentur Sutapa dengan tema Keberadaan, Keberfungsian dan Efektifitas SPMI. Memasuki sesi akhir pada pelatihan hari pertama ini ditutup dengan penjelasan untuk FGD dan pengumpulan hasil kerja mandiri asesor. 

Pada hari kedua pelatihan dilakukan FGD yang didampingi oleh fasilitator dari tim Instrumen BAN-PT yang dibagi menjadi beberapa kelompok terdiri dari 10 – 15 orang. FGD dimulai dengan diskusi hasil kerja mandiri yang dimulai dari draft laporan akreditasi hingga rekomendasi. Kemudian, FGD diakhiri dengan presentasi oleh setiap kelompok terkait dengan lesson learn dari pelaksanaan kegiatan dan evaluasi yang dipimpin oleh Bapak Sugiyono, Ph.D selaku anggota Dewan Eksekutif.

Lihat Galeri